Gerakan Ekonomi “Susu Haji” ala Ansor Jatim

Peserta tampak serius saat mengikuti diklat kewirausahaan Ansor Jawa Timur, di Jatim Expo International Surabaya, Sabtu, 21 Maret 2015 (santrinews.com/hady)

Surabaya – Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama masuk kategori organisasi besar yang memiliki jaringan paling luas dari pusat hingga tingkat desa. Potensi jaringan yang dimiliki itu bila dimamfaatkan dengan baik akan mampu menghasilkan “sesuatu” yang luar bisa.

Namun, selama ini potensi itu masih lebih banyak dimamfaatkan dalam ranah politik dan kemasyarakatan. Belum menyentuh pada wilayah wirausaha.

Atas dasar pemikiran tersebut, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jatim bekerjasama dengan PT Gong Nusantara Tajir (GNT) menggelar workshop dan diklat kewirausahaan di Jatim Expo International Surabaya, Sabtu, 21 Maret 2015.

Harapannya, pengurus dan kader Ansor tidak hanya mampu dalam gerakan politik dan kemasyarakatan, melainkan juga menjadi pemuda yang cakap dalam berwirausaha dan ‘tajir’, sehingga mandiri dan tetap independen.

Hadir sebagai motivator, pengusaha sekaligus pembina GP Ansor Jatim, Halim Mahfudz (Gus Iim) dan bos produk Susu Haji Sehat (SHS), Ibu Ning. Diantara produk PT GNT tersebut adalah “Susu Haji Sehat” dan “Kopi Tajir”.

Gus Iim mengatakan, inti dari pengembangan bisnis dan wirausaha adalah pemasaran dan distribusi sebuah produk. “Dan ini hanya bisa dilakukan oleh organisasi yang mempunyai jaringan luas,” ujarnya.

Dia menila, dengan potensi jaringan yang dimiliki, kader Ansor memiliki peluang wirausaha ekonomi yang besar ke depan. “Saya yakin, semua kader Ansor punya peluang jadi pengusaha,” tandas Gus Im meyakinkan.

Sebab, menurutnya, akses untuk membuka peluang dan membangun mitra kerja dengan pihak dan instansi yang mendukung gerakan kewirausahaan terbuka cukup lebar.

“Saya berharap kader Ansor yang hadir di sini nanti betul-betul menjadi pengusaha, tidak selesai hanya di workshop saja,” kata Ketua GP Ansor Jatim, H Rudi Tri Wachid dalam sambutannya.

Pelatihan kewirausahaan yang diikuti seratusan peserta, perwakilan dari PC Ansor se Jatim ini merupakan wujud dari rencana program yang dicanangkan Ansor Jatim dibawah kepemimpinan Rudi Tri Wachid untuk empat tahun ke depan.

Saat pengukuhan pengurus lembaga GP Ansor Jatim, pada 31 Januari 2015 lalu, Rudi Tri Wachid mengatakan, selain penguatan ideologi Aswaja serta pembenahan manajemen keorganisasian, dia memimpikan Ansor Jatim ke depan bisa mandiri secara politik, sosial, budaya, dan ekonomi. (hay)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network