Konkoorcab XXII PMII Jawa Timur

PMII Jawa Timur Krisis Kader Putri

Puluhan Kopri PB PMII menggelar aksi damai menolak Trans-Pacific Partnership (TPP) di Bundaran HI Jakarta, Ahad, 13 Maret 2016 (santrinews.com/ist)

Surabaya – Pelaksanaan Konferensi Koordinator Cabang (Konkoorcab) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur tinggal dua pekan lagi. Forum permusyawaratan tertinggi PMII tingkat koordinator cabang ini menjadi ajang memilih nakhoda baru itu terancam tidak akan berjalan dengan mulus sesuai rencana. Pasalnya, hingga hari terakhir pendaftaran bakal calon untuk Ketua Kopri tidak ada sama sekali.

“Sampai hari ini, ada empat bakal calon untuk Ketua PKC. Sedangkan untuk Ketua Kopri belum ada yang mendaftar satupun,” kata Ketua Tim Seleksi Pencalonan, Aqib Ma’rufin, di Surabaya, Selasa, 12 April 2016. Pendafatran akan ditutup nanti malam tepat pukul 23.59.59 WIB.

Aqib menjelaskan, ada mekanisme baru pada Konkoorcab Jawa Timur yang akan berlangsung tanggal 17-31 April mendatang sesuai dengan hasil Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Ambon.

“Telah disepakati di Muspim bahwa panitia harus melakukan seleksi untuk bakal calon menjadi calon. Untuk Konkoorcab kali ini, pemilihan ketua pkc dan ketua Kopri PKC akan diselenggarakan secara langsung. Jadi, Kopri dapat memilih ketuanya sendiri tanpa melalui formatur,” terangnya.

Adanya mekanisme pemilihan secara langsung ketua Kopri PKC ini ternyata kurang direspon cepat oleh kader Jawa Timur. “Mekanismenya pemilihan ketua KOPRI tidak lagi formatur tapi pemilihan langsung, tapi ternyata sampai hari terkahir pendaftaran belum ada kandidat kopri yang mendaftar. Antusiasme dari kopri cabang-cabang masih terasa kurang.

Oleh karena itu, Aqib mengimbau agar kader Kopri di cabang yang memang mempunyai kualifikasi untuk menjadi Ketua Kopri Jawa Timur segera mendaftar pada tim seleksi pencalonan Konkoorcab PKC PMII Jawa Timur. “Panitia mengharapkan agar kesempatan ini tidak dilewatkan oleh KOPRI untuk unjuk gigi. Sudah saatnya kopri memilih ketuanya sendiri,” imbaunya.

Konkoorcab PMII Jatim kali ini terbilang berbeda dibanding periode sebelumnya, karena selain memilih ketua baru bagi PKC PMII Jatim, juga memilih ketua baru bagi Pengurus Koordinator Cabang Korps PMII Putri (Kopri) Jatim.

Konkoorcab XXII PMII Jawa Timur akan digelar di Kota Reog Ponorogo pada tanggal 27-30 April mendatang. Selain memilih nakhoda baru, juga akan dirangkai dengan beragam acara menyambut Harlah PMII yang ke-56. (jaz/onk)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network