SDI Kreatif Mutiara Anak Sholeh Sukodono Gelar Munaqosah Al-Qur’an

Siswa SDI Kreatif Mutiara Anak Sholeh Sukodono, Sidoarjo mengikuti munaqosah, Sabtu 25 Maret 2017 (santrinews.com/ist)

Sidoarjo – Sekolah Dasar Islam (SDI) Kreatif Mutiara Anak Sholeh Sukodono, Sidoarjo menggelar munaqosah yang ke tiga, Sabtu 25 Maret 2017. Sebanyak 74 siswa terdaftar dalam ujian munaqosah tingkat dasar dan tingkat marhalah.

Ketua panitia Moh Fauzan mengatakan siswa yang lulus ujian selanjutnya akan diwisuda pada 8 April mendatang.

“Saat ini ada sepuluh anak yang munaqosah tingkat marhalah. Sedangkan yang tingkat dasar sebanyak enam puluh empat. Bagi santri yang lulus, besok pada tangal delapan bulan April akan melaksanakan wisuda,” katanya.

Menurut kepala sekolah Edy Rahmawan ujian tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kelulusan dalam pendidikan formal.

“Sebagaimana karakter di SDI Kreatif Mutiara Anak Sholeh, siswa lulus sekolah juga harus lulus mengaji, minimal lulus munaqosah tingkat dasar,” katanya.

Namun demikian, Edy meminta agar meskipun gagal dalam ujian para siswa tidak dimarahi. Sebab, kegagalan bukan penentu kesuksesan. “Nanti kalau ada yang gagal, tolong jangan dimarahi ya bund. Karena banyak juga anak yang sering gagal itulah yang besok-besok bisa menjadi berhasil dan sukses,” katanya.

Dia juga menambahkan agar para siswa tidak terlalu memikirkan lulus tidaknya, melainkan cukup berusaha untuk mempunyai karakter dan memahami Al-Qur’an.

“Yang terpenting saat ini yaitu anak-anak mempunyai karakter dan memahami Al qur’an,” pintanya.

Senada dengan Edy, Ketua BMQ At Tartil Sukodono Kholison juga menyatakan pentingnya penguatan karakter dan pemahaman Al-Qur’an.

“Benar apa yang dikatakan bapak kepala sekolah tadi, penanaman karakter memang sangat penting, terutama karakter yang berakhlaq. Apalagi hidup ini hafal dan faham Al qur’an. Pasti hidup ini akan tenang,” katanya. (hasyim/ubaid)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network