Ikrom Mustofa, Juara Santri Berprestasi Nasional

Ikrom Mustofa dinobatkan sebagai santri berprestasi. (santrinews.com/rol)

Bogor – Ikrom Mustofa, mahasiswa Departemen Geofisika dan Meteorologi, FMIPA di Instutut Teknologi Bandung (ITB) patut berbangga. Hal itu karena ia mendapat kehormatan sebagai santri berprestasi tingkat nasional. Padahal dalam ajang berbeda sebelumnya, ia dinobatkan mahasiswa berprestasi tingkat nasional kedua.

Penghargaan itu diraihnya pada acara Malam Apresiasi Pesantren Islam 2015, mengalahkan dua pesaing lain. Seleksi dari Kemenag RI dilakukan kepada para penerima beasiswa santri seluruh Indonesia.

“Kemenag menilai langsung curriculum vitae (CV), kontribusi santri untuk pesantren, prestasi akademik dan non akademik serta keaktifan saya di organisasi,” ungkapnya, Kamis, 17 Desember 2015.

Sebelumnya, Ikrom masuk sebagai mahasiswa IPB melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) atau lebih dikenal sebagai beasiswa santri berkat kerjasama antara IPB dengan Kemenag RI.

Ia tercatat sebagai alumni Pesantren Teknologi di Riau dan dipercaya sebagai Wakil Direktur Community Student Scholar (CSS) atau komunitas penerima beasiswa santri IPB sekaligus sebagai Wakil Direktur Unit Kegiatan Mahasiswa Forum for Scientific Studies (UKM Forces) IPB.

Selama menjadi mahasiswa, ia termasuk aktifis di sejumlah forum ilmiah dan menjadi peneliti di bidang meteorologi. Hal ini ditunjukkan Ikrom melalui karyanya yang berjudul ˜Serial Komet: Permainan Kartu Interaktif Tanggap Fenomena Pemanasan Global’ dan tugas akhir kuliahnya tentang “Analisis Fenomena Gelombang Pasang Bono di Muara Sungai Kampar Riau’.

Tidak hanya itu kiprah yang dilakukan Ikrom. Penulis Novel “Sebuah Warna” ini juga berencana melakukan penelitian lebih mendalam terhadap fenomena tersebut dan menjadikannya bekal melanjutkan kuliah di jenjang S2 dan S3 nanti.

“Saya berencana melanjutkan studi di Eropa, mohon doanya semoga lolos dan berhasil,” ujarnya. (nabil)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network