Kiai Navis: Isi Pergantian Tahun dengan Ziarah Makam Para Wali

Kiai Haji Abdurrahman Navis dan pengurus PW Aswaja NU Center Jatim di makam Siti Fatimah binti Maimun. (santrinews.com/pan)

Surabaya – “Pergantian tahun hendaknya diisi dengan kegiatan yang sarat manfaat.” Demikian pesan yang disampaikan KH Abdurrahman Navis, Kamis, 31 Desember 2015.

Menurut Wakil Ketua PWNU Jawa Timur ini, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan generasi muda adalah dengan mengunjungi makam para wali yang tersebar di tanah air.

Nasihat ini disampaikan Kiai Navis, sapaan akrabnya saat memimpin rombongan pengurus PW Aswaja NU Center Jatim yang melakukan ziarah ke sejumlah makam para wali di Surabaya dan Gresik.

Bagi Direktur PW Aswaja NU Center Jatim ini, kegiatan ziarah adalah diantara pembeda bagi para pegiat Aswaja dalam mengisi pergantian tahun.

“Kalian harus bangga lantaran bisa mengisi kegiatan akhir tahun dengan hal positif seperti ini,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya tersebut.

Momentum tahun baru hendaknya juga menjadi sarana evaluasi terhadap kiprah yang dilakukan tahun sebelumnya. “Yang baik kita pertahankan dan sebisa mungkin ditingkatkan,” ungkapnya.

Kiai Navis juga mengajak para pengurus untuk mengenang kembali betapa berat membentuk Aswaja NU Center. “Memulai pembuatan dan meyakinkan keberadaan Aswaja NU Center sangat sulit, namun yang paling berat adalah menjaga keistikomahan kiprah,” ungkap dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

KH Abdurrahman Navis bersama pengurus inti PW Aswaja NU Center Jatim menyelenggarakan rihlah akhirussanah dengan ziarah ke makam para wali.

Selama kegiatan, mereka mengunjungi makam Ki Ageng Bungkul, Raden Ahmad Rahmatullah atau Sunan Ampel (Surabaya), Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri serta Siti Fatimah binti Maimun (Gresik). Kegiatan dipungkasi dengan bertemu Wakil Bupati Gresik terpilih, Mohammad Qosim di kediamannya. (nabil/hay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network