Nuris Jember Raih Penghargaan di Puncak Haornas 2016

Sidoarjo – Beberapa insan olahraga dan pihak yang dianggap peduli dalam dunia olahraga diberi penghargaan dalam acara puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2016 di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat, 9 September 2016.

Penghargaan kepada insan olahraga tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga menjadi tamu kehormatan dalam acara Haornas 2016 tersebut.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih pada semua pihak yang menerima penghargaan ini, karena mereka telah membuat bangga Indonesia,” kata Wapres Jusuf Kalla selepas memberikan penghargaan.

Penghargaan tersebut diberikan pemerintah pada insan olahraga berprestasi atau pihak yang dianggap berjasa pada olahraga sejumlah 600, namun secara simbolik hanya diwakili beberapa pihak saja yang terdiri dari:

Pertama, Eman Sulaiman yang merupakan penjaga gawang tim Rumah Cemara Bandung. Eman berprestasi menjadi kiper terbaik di Homeless Worldcup 2016 yang digelar di Glasgow Skotlandia.

Kedua ada SSB Asiop Apacinti Usia 15 tahun yang menjadi juara dunia Gothia Cup 2016 yang dilangsungkan di Swedia. Ketiga adalah Citra adisti, yang merupakan pemain terbaik Women Pro Futsal League 2016 dari klub Jaya Kencana Angels yang juga merupakan juara turnamen tersebut.

Keempat, Klub Nuris United FC Jember yang merupakan juara Liga Santri Nusantara 2015 dan juara U18 Malindo Cup 2016 di Malaysia.

Kelima, Januar Susanto yang menjuarai nomor BMX Flatland kelas master di ajang Festival International des Sports Extremes (FISE) World Series Montpellier, Perancis 2016.

Keenam adalah penghargaan untuk Sanggoe Darma Tanjung atlet Indonesia lain menjuarai di kelas skateboarding amatir di ajang Festival International des Sports Extremes (FISE) World Series Montpellier, Perancis 2016.

Ketujuh, Tini Kartini yang merupakan penggerak dan pembina olahraga di masyarakat dari tahun 1971 sampai sekarang.

Kedelapan, Gubernur Jawa Timur Sukarwo yang menerbitkan Perda Nomor 12 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan dan memberikan ruang di APBD 2016 bagi olahraga sebesar Rp411 miliar.

Kesembilan, Wali Kota Surakarta Ahmad Purnomo yang sukses memfasilitasi berbagai gelaran olahraga dan pelopor olahraga tingkat kabupaten dan kota.

Kesepuluh adalah media siaran TVRI yang dianggap berkontribusi menyiarkan gelaran olahraga tingkat daerah, nasional dan internasional baik jenis olahraga pendidikan, rekreasi maupun prestasi.

Semua yang menerima penghargaan dari pihak atlet dan pelatih berprestasi diberikan juga hadiah uang yang disesuaikan dengan jenjang usia dan tingkatan kejuaraan dengan nilai mulai dari Rp7 juta hingga Rp35 juta.

Untuk Nuris singkatan dari Pesantren Nurul Islam yang berlokasi di Jember mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 30 Juta. (rus/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network