PKB Jatim Siap Kuasai 8 Kabupaten/Kota

Sekretaris DPW PKB Jatim H Thoriqul Haq (kanan) dan Ketua FKB DPRD Jatim Badrut Tamam (dua dari kiri) saat acara ‘Refleksi Akhir Tahun 2014 & 9 Jihad Politik 2015, pada 29 Desember 2015 lalu (santrinews.com/dok)

Jember – Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur menargetkan kemenangan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di delapan kabupaten/kota dari 16 kabupaten/kota yang rencana digelar serentak.

“Kami targetkan menang di delapan kabupaten/kota yang menggelar pilkada dengan mengusung calon kepala daerah petahana tanpa berkoalisi dengan partai politik lain,” kata Sekretaris DPW PKB Jatim, Thoriqul Haq, saat menghadiri musyawarah cabang (Muscab) PKB Kabupaten Jember, Jumat malam, 30 Januari 2015.

Delapan daerah itu adalah Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Trenggalek, Sidoarjo, Tuban dan Sumenep.

“Kami siap untuk menghadapi pilkada serentak di 16 kabupaten/kota di Jatim dan partai punya calon incumbent yang ditargetkan menang di delapan kabupaten/kota,” tuturnya.

Menurut dia, partainya memiliki tiga opsi untuk mengusung calon kepala daerah yakni mengusung bakal calon bupati dari kader sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain, kedua mengusung dengan koalisi partai lain, dan ketiga menjadi bagian dari koalisi parpol yang mengusung kepala daerah.

“Untuk kabupaten/kota lain, PKB tetap akan mengusung calon kepala daerah dengan cara berkoalisi seperti di Kabupaten Malang, Kabupaten dan Kota Blitar, dan Kabupaten Jember karena partai kami tidak bisa memberangkatkan sendiri, sehingga perlu berkoalisi dengan parpol lain,” paparnya.

Sementara Ketua DPC PKB Jember, Miftahul Ulum, seperti dilansir Antara mengatakan, forum muscab yang digelar tidak hanya mengagendakan memilih ketua tanfidz yang baru, namun juga dijadikan momentum untuk merekomendasikan bacabup dalam pilkada mendatang.

“Nantinya Pengurus Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan, akan mengusulkan nama-nama calon yang akan diusung pada pilkada, kemudian nama-nama itu akan dikirim ke DPP PKB melalui DPW PKB Jatim untuk mendapatkan rekomendasi siapa yang akan diusung dalam Pilkada Jember,” tuturnya. (jaz/onk)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network