Daerah

UMAHA Sidoarjo Bekali Mahasiswa Baru: Kampus Merdeka Cetak Intelektual Inovatif

Senin, 30 Agustus 2021 05:30 wib

...
Mahasiswa baru UMAHA Sidoarjo

Sidoarjo – Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo, Jawa Timur, bersama BEM UMAHA Kabinet Adhiguna menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2021.

Dengan mengangkat tema “Kampus Merdeka Mencetak Mahasiswa Berikrar: Bergerak, Intelektual, Kritis, Aktif, Rasional di Era Digitalpreneursip”, acara berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

“Harapan PKKMB tahun 2021 ini mampu menjadikan mahasiswa sebagaimana seperti tema yang diangkat pada acara PKKMB 2021, dimana seorang mahasiswa harus mampu menjadi sebuah teladan, seorang pemikir yang mampu menjadi agent of change sebagaimana peran seorang mahasiswa,” kata Ketua Panitia, Zainal Abidin.

Ia menjelaskan, PKKMB sebagai upaya universitas agar para mahasiswa baru lebih mudah beradaptasi dengan proses pembelajaran dan kehidupan akademik di UMAHA.

Baca juga: BAPPEDA DPRD Jatim Apresiasi Kunjungan Pengurus DPM UMAHA

Sebelum dilaksanakan PKKMB, panitia menggelar pembekalan PKKMB secara daring melalui platform zoom meeting, Sabtu 26 Agustus 2021.

PKKMB 2021 dilaksanakan selama 3 hari, sejak 27-29 Agustus 2021 dan dibuka oleh Rektor UMAHA Dr Achmad Fathoni Rodli. Hadir jajaran Rektorat dan Senat UMAHA.

Dr Fathoni berpesan agar mahasiswa harus mampu memiliki banyak relasi dan menjadi aktivis yang memiliki kemampuan intelektual dan motivasi yang kuat dan tetap berusaha. “Tidak ada kegagalan, yang ada adalah kesuksesan yang tertunda,” pesannya

“Untuk itu mahasiswa baru harus tetap bersemangat dalam menempuh proses dalam dunia perkuliahan,” lanjutnya.

Dengan persiapan yang cukup singkat ini menjadikan panitia PKKMB bersemangat untuk mencapai kesuksesan. Dalam PKKMB 2021 dibuktikan dengan penugasan yang diterima oleh mahasiswa baru yang diunggah di akun sosial dengan jumlah upload lebih dari 5000 postingan dengan tagar ppmbumaha.

Presiden Mahasiswa 2021-2022, Asnifah mengatakan PKKMB UMAHA 2021 menjadi suatu kegiatan untuk memberikan gambaran kehidupan kampus kepada mahasiswa baru agar nanti mampu menjadi generasi emas yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan baik dalam pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Acara pembukaan juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Ia mengucapkan selamat bagi mahasiswa baru sekaligus berharap dapat diberikan kelancaran kesuksesan dalam mengabdi kepada negara melalui inovasi-inovasi sebagai generasi intelektual.

Pada acara penutup, M Syarif Hidayatullah, selaku pembina kemahasiswaan menyampaikan bahwa ini bukanlah akhir dari mahasiswa baru dalam melaksanakan PKKMB melainkan terdapat PKKMB fakultas dan prodi.

Oleh karena itu pada sesi ini terdapat proses penyerahan mahasiswa baru dari Universitas kepada fakultas melalui Gubernur mahasiswa setiap fakultas.

Acara ini dapat berjalan dengan baik dan Menjadikan memorable moment baik bagi mahasiswa baru maupun panitia pelaksana. (red)