Daerah

IKA PMII Blitar: Sosok Arumi Bachsin Bawa Spirit Baru IKA PMII Jawa Timur

Selasa, 04 Januari 2022 14:30 wib

...
Arumi Bachsin kandidat ketua PW IKA PMII Jatim 2022-2027 (santrinews.com/istimewa)

Blitar – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Blitar mendukung langkah Generasi Emas Pengurus Koordinator Cabang PMII Jatim 2011-2013 yang mendorong Arumi Bachsin untuk maju sebagai calon ketua IKA PMII Jatim masa khidmat 2022-2027.

“Figur Arumi yang banyak bergelut di bidang sektor ekonomi, misalnya Dekranasda Jatim dan influencer, layak menjadi calon yang diperhitungkan. Kami sangat mendukung,” kata Ketua IKA PMII Blitar Abdul Aziz, Selasa, 4 Januari 2022.

IKA PMII Jatim dijadwalkan akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 9-10 Januari 2022, di Kabupaten Bangkalan, Madura. Sedangkan pembukaan akan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Menurut Aziz, Arumi bukan hanya mewakili kaum perempuan sekaligus generasi milenial, melainkan figur Arumi juga bisa membawa spirit baru dalam membangun sektor ekonomi kerakyatan atau UMKM.

“Apalagi IKA PMII Jatim saat ini memberikan perhatian lebih pada soal ekonomi kerakyatan, dan ini terobosan bagus untuk Jawa Timur,” tegasnya.

Arumi dibaiat secara resmi sebagai kader pada awal 2018 setelah mengikuti Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) —jenjang kaderisasi pertama— PMII Tulungagung. Ia adalah istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

Aziz yang juga pegiat ekonomi desa mengaku pernah mewawancarai Arumi Bachsin dalam acara talkshow di sebuah program acara salah satu televisi swasta, dengan tema “Belajar dan Berbagai Usaha Kreatif Mandiri”.

“Acara itu diselenggarakan sangat mendadak, dan Arumi bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan tepat, cepat dan sistematis. Pertanyaan-pertanyaan itu tidak mungkin dijawab tanpa pengalaman lapangan,” ungkapnya.

Aziz menilai Arumi sosok figur memahami betul tantangan dunia kedepan, terlebih dunia digitalisasi. Karena itu, Aziz meyakini Arumi mampu membuat gebrakan program-program yang kreatif dan inovatif bagi IKA PMII Jatim.

“Salah satu kelebihan Ibu Arumi, yang tidak dimiliki oleh calon yang lain, karena dalam lompatan kemajuan jaman yang berubah cepat dibutuhkan figur kepemimpinan yang kreatif dan inovatif,” tegas Pengurus Bidang Pangan Kadin Jatim ini.

Selain Arumi, sebelumnya muncul beberapa nama kandidat dari kalangan politisi, diantaranya Anwar Sadad (Wakil Ketua DPRD Jatim), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim), Hikmah Bafaqih (anggota FPPKB DPRD Jatim), Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), Baddrut Tamam (Bupati Pamekasan), Ahmad Nawardi (Anggota DPD RI), dan Mathur Husyairi (Anggota DPRD Jatim). (red)