Daerah

Masjid Agung Solo Sediakan Beasiswa Santri Hafal Alquran

Selasa, 01 Desember 2015 13:48 wib

Solo – Pondok Pesantren Tahfidz wa Ta’limil Qur’an (PPTQ) Masjid Agung Surakarta (Solo) menyediakan beasiswa bagi santri yang ingin menghafal Alquran 30 Juz di pondok pesantren tersebut. Bea siswa akan diberikan sejak santri masuk Pesantren hingga selesai.

Demikian dikatakan Ketua Pengurus Masjid Agung Surakarta KH Muhammad Muhtarom Al Hafidz, di Solo, Selasa, 1 Desember 2015. Dana untuk beasiswa didapat dari beberapa alumni, jamaah masjid, dan donatur yang sifatnya tidak mengikat.

Muhtarom mengatakan, PTTQ Masjid Agung Solo (MAS) yang lebih berkonsentrasi dalam menghafal dan mempelajari Alquran berdiri pada tahun 1980 an. Dan sejak beberapa tahun terakhir, pengasuh PPTQ MAS menyediakan bea siswa bagi santri, khusus yang menghafal Alquran 30 juz.

“Kami tidak mewajibkan kepada semua santri untuk menghafal Alquran 30 juz. Namun untuk menghafal juz 30 adalah wajib bagi semua santri. Terhadap santri yang menghafal 30 juz kita berikan beasiswa,” tutur Muhtarom.

Ide awal memberikan bea siswa, menurut Muhtarom, untuk membantu mereka yang berminat menghafal Alquran 30 juz namun terhambat karena berasal dari keluarga yang kurang mampu. (rus/kr)