Daerah

Bacaan Asmaul Husna Iringi 10 Ribu Personel Pengamanan 174 Pilkades di Sumenep

Rabu, 06 November 2019 12:30 wib

...
Kapolres Sumenep AKBP Muslimin memimpin apel pasukan pengamanan Pilkades, di halaman Mapolres Sumenep, Rabu pagi, 6 Nopember 2019 (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Total sebanyak 174 desa di Sumenep akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap pertama, pada Kamis, 7 Nopember 2019, besok. Sebanyak 10 ribu personel keamanan diterjunkan.

Kapolres Sumenep AKBP Muslimin mengatakan, mulai hari ini pasukan keamanan akan diberangkatkan ke setiap kecamatan.

“Nanti malam mereka standbay di setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades,” kata AKBP Muslimin usai apel pergeseran pasukan, di halaman Mapolres Sumenep, Rabu pagi, 6 Nopember 2019.

Baca juga: Ansor Sumenep Ambil Peran Amankan Pilkades

Pilkades serentak 2019 di Sumenep dibagi dua tahap. Untuk kecamatan daratan dilaksanakan pada Kamis, 7 November 2019. Sedangkan untuk wilayah kepulauan, Pilkades dilaksanakan pada Kamis, 14 November 2019. Total sebanyak ada 226 desa yang menggelar pilkades serentak 2019.

AKBP Muslimin menjelaskan, jumlah aparat yang akan diterjunkan dalam pelaksanaan Pilkades mencapai 10 ribu personel. Mereka terdiri dari Limnas, Polres, dan TNI.

“Rinciannya untuk Limnas kurang lebih sekitar lima ribu, sedangkan Polri dan TNI sekitar lima ribu. Termasuk juga personel BKO dari Polda Jatim,” ujarnya.

Ia menegaskan, personel pasukan tidak menggunakan senjata api saat bertugas. Melainkan hanya dibekali senter, jas hujan dan tongkat T/Tonfa dan borgol. Alasannya guna supaya menghindari kecerobohan.

“Senjata tetap disiapkan, tetapi saat pengamanan tidak digunakan. Ini lebih ke arah kehati-hatian,” tegasnya.

Baca juga: Pilkades Serentak 2019, Ini Harapan IPNU Batuputih

Sebelum berangkat ke setiap desa untuk bertugas mengamankan pelaksanaan Pilkades, seluruh personel keamanan secara bersama-sama membaca asmaul husna.

AKBP Muslimin juga meminta awak media untuk membangun sinergi bersama kepolisian untuk menyampaikan hal-hal positif kepada masyarakat.

Sedangkan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi yang juga hadir dalam apel, menghimbau kepada masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang punya orientasi terhadap pembangunan desa.

“Pilihlah pemimpin yang membawah kepada keberkahan pada desa,” pungkasnya. (rus/hay)