Politik

13 Pengasuh Pesantren di Jatim Dukung Prabowo-Hatta

Selasa, 27 Mei 2014 00:33 wib

Kediri – Sebanyak 13 orang pengasuh pondok pesantren di wilayah Mataraman dan Pantura berkumpul di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur.

Dipimpin Ketua Tim Sukses Prabowo-Hatta, Mahfud MD, para kiai berikrar siap memenangkan pasangan capres dan cawapres yang diusung Partai Gerindra, PAN, PPP, Golkar, dan PKS tersebut.

“Hasil pertemuan, para kiai sepakat dengan pasangan Prabowo-Hatta. Para kiai mengendaki tim pemenangan bekerja dengan baik dan efektif,” kata juru bicara Forum Kiai, KH Anwar Iskandar atau biasa disapa Gus War, Ahad 25 Mein 2014.

Selain Gus War dari Ponpes Al Amien, Ngasinan, Kediri, dukungan juga diberikan KH Anwar Manshur dan KH Kafabihi Mahrus dari Ponpes Lirboyo.

KH Idris Marzuki (Mbah Idris) tidak hadir dalam kesempatan tersebut karena sakit dan tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Surabaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut yakni KH Zainudin Jazuli, putra KH Nurul Huda Jazuli dari Ponpes Al Falah, Ploso, KH Nawawi Abd Jalil (Sidogiri), KH Nurudin (Probolinggo), KH Nasir (Tuban), KH Idris Hamid (Pasuruan), KH Ahmad Subadar (Pasuruan), dan KH Imam Suhrowardi (Ponpes Sanangondang, Kabupaten Blitar).

Seperti dilansir okezone, pertemuan berlangsung selama dua jam di ruang tamu kediaman Mbah Idris. Gus War menjelaskan bahwa ada tiga hal penting yang menjadi inti pertemuan tersebut.

Di antaranya mendengarkan alasan Mahfud MD mendukung pasangan Prabowo-Hatta. Setelah mendengar paparan dari Mahfud, para kiai memutuskan mendukung Prabowo-Hatta.

“Yang ketiga merumuskan strategi pemenangan, termasuk di dalamnya menyiapkan langkah lanjutan yang akan ditempuh,” terangnya.

Langkah lanjutan tersebut di antaranya mengagendakan pertemuan kiai secara maraton di wilayah Mataraman, Madura dan Tapal Kuda.

Dalam pertemuan yang rencananya akan dihadiri Prabowo tersebut, para kiai akan menerbitkan fatwa kepada santri, alumni pondok pesantren dan masyarakat luas.

Beberapa hari sebelumnya Pondok Pesantren Lirboyo sudah mengeluarkan selebaran yang ditujukan kepada seluruh santri dan alumni.

Kertas yang ditandatangani pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri tersebut, berisi seruan agar alumni Lirboyo berpartisipasi memenangkan pasangan Prabowo-Hatta.

Sementara Mahfud MD menegaskan pertemuan dengan para kiai tidak ada unsur transaksional.

Menurut dia, para kiai telah memahami visi-misi pasangan Prabowo-Hatta yang hendak menjadikan pesantren sebagai pusat kajian Islam. “Di sini tidak ada transaksional. Soal capres adalah pilihan personal,” tegasnya. (ful/hay)