Politik

Sebelum Daftar ke KPU, KH Busyro-Fauzi Napak Tilas di Makam Para Raja

Senin, 27 Juli 2015 17:00 wib

...
Pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2015-2020 KH A Busyro Karim-Achmad Fauzi menyerahkan berkas persyaratan saat mendaftar di KPU Sumenep, Senin, 27 Juli 2015 (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep periode 2015-2020 KH A Busyro Karim-Achmad Fauzi (Busyro-Fauzi) resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Senin, 27 Juli 2015.

Tiba di kantor KPU Sumenep sekitar pukul 12.30 WIB, Busyro-Fauzi diantar seribuan simpatisan dan kader tiga partai pengusung, yakni PKB, PDI Perjuangan dan Partai NasDem.

Sebelum mendaftar, Busyro-Fauzi bersama rombongan melakukan napak tilas dan ziarah ke makam para raja Sumenep dan mantan Bupati Sumenep di Asta Tinggi di Desa Kebun Agung Kecamatan Kota Sumenep.

Di makam para raja tersebut, Busyro-Fauzi bersama rombongan menggelar doa bersama. Doa bersama belangsung kurang lebih 30 menit.

Kiai Busyro mengatakan, ziarah dan doa bersama merupakan napak tilas kepemimpinan yang ada di Sumenep sebelum dirinya menjadi Bupati. Sebab, keberadaan para raja dan Bupati sebelumnya, memiliki peran penting dalam membangun Sumenep di masa kerajaan dulu dan sampai saat ini.

Di kompleks pemakaman para raja tersebut, terdapat 35 makam raja dan 15 Bupati Sumenep disemayamkan.

Kiai Busyro menegaskan, ziarah ke makam para raja tersebut juga memberikan ketenangan batin dalam menjalani proses politik pada Pilkada 2015 yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang.

Ia optimis akan memenangkan kontestasi politik pada Pilkada 2015 ini. Bahkan, jia diikuti dua pasanga calon ia optimis akan mendulang suara 70 persen dari seluruh jumlah pemilih. Keyakinan itu dikuatkan berdasarkan hasil survey.

“Saya tidak mau mendahului takdir soal kemenangan. Namun berdasarkan prediksi dan hasil survey, kemenangan saya mencapai 70 persen lebih. Semoga semuanya bisa sesuai harapan,” ujarnya.

Kiai Busyro saat ini masih menjabat sebagai Bupati Sumenep. Ia mencalonkan kembali karena memiliki misi untuk menuntaskan pembangunan yang tersisa di masa kepemimpinannya.

“Pembangunan infrastruktur menjadi agenda utama saya jika terpilih kembali untuk kedua kalinya. Sebab sebelumnya pembangunan yang saya lakukan mulai dari reformasi birokrasi, peningkatan pelayanan publik serta pembangunan infrastruktur,” tandasnya.

Semantara itu, komisioner KPU Sumenep Abd Hadi mengatakan, berkas persyaratan yang diserahkan pasangan Busyro-Fauzi sudah lengkap. “Syarat pencalonanya sudah lengkap,” tegasnya.

Namun, kata Hadi, KPU Sumenep masih akan melakukan penelitian terhadap seluruh berkas tersebut. Bila ada yang perlu diperbaiki nanti masih ada masa perbaikan sebelum masa penetapan pasangan calon. (red)