Politik

PKB Konsisten Usung Halim Iskandar, Cak Imin Safari ke Para Kiai

Senin, 22 Mei 2017 23:26 wib

...
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (santrinews.com/ist)

Jombang – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tetap konsisten akan mengusung Halim Iskandar di Pilgub Jatim 2018. Pihaknya akan melakukan safari ke para kiai di Jatim untuk mensosialisasikan keputusannya mengusung Halim.

Hal itu dikatakan Muhaimin usai menjadi narasumber Halaqoh Internasional Pimpinan Pusat GP Ansor di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras Jombang, Senin, 22 Mei 2017.

“Oh ya saya masih konsisten, calon PKB adalah Gus Halim,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu kepada wartawan.

Disinggung adanya surat dari 21 kiai pengasuh pesantren di Jatim yang menghendaki pelibatan ulama NU dalam menentukan nama Bacagub, Cak Imin bakal melakukan pendekatan. Selama dua hari ke depan, dia akan sowan ke para ulama di Jatim.

Baca: Sikapi Surat Kiai, PKB Jatim: Sebagai Santri, Kami Akan Sowan

“Tapi aspirasinya ke mana? Nah, saya hari ini akan keliling ke kiai-kiai untuk menanyakan yang dimaksud bersatunya warga NU. Karena ada dua calon sama-sama NU, Pak Halim dan Pak Saiful (Wagub Jatim Saifullah Yusuf). Bagaimana dengan kedua nama ini? Tentu saya akan keliling ke kiai-kiai dulu,” ujarnya.

Selain menyerap aspirasi para ulama NU terkait nama bacagub Jatim dari PKB, lanjut Cak Imin, pihaknya juga akan mencoba melakukan sosialisasi atas gagasannya mengusung nama Halim Iskandar.

Baca Pula: Cak Imin Sampaikan Tiga Pesan Gus Dur

“Saya optimis aspirasinya (para kiai sepuh) sama, moga-moga. Hari ini saya mensosialisasikan ke kiai-kiai terkait Pak Halim dan bagaimana posisi Saiful, yang penting NU-PKB bersatu,” terangnya.

Cak Imin berharap, NU dan PKB mempunyai satu suara di Pilgub Jatim. Menurut dia, rencana safari ke para ulama merupakan upaya untuk menyatukan suara NU-PKB.

“Target di Jatim harus menang, NU bersatu, menang!,” tandasnya. Baca: PKB dan NU Punya Ikatan Historis

Selain Halim dan Gus Ipul, Khofifah juga merupakan kader NU yang dikabarkan akan maju di Pilgub Jatim 2018. Namun, dalam rencana menemui para ulama di Jatim, Cak Imin nampaknya hanya mempertimbangkan nama Halim dan Gus Ipul. (dtk)