Politik

Ziarah Makam Raja-raja Sumenep, Khofifah Minta Pemkab Perkuat Wisata Religi

Sabtu, 17 Maret 2018 22:15 wib

...
Khofifah Indar Parawansa saat ziarah dan doa di Makam Asta Tinggi, Sumenep, Sabtu, 17 Maret 2018 (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memamfaatkan hari libur kampanye dengan berziarah ke Makam Asta Tinggi, Sumenep, Sabtu, 17 Maret 2018. Asta Tinggi adalah pemakaman raja-raja Sumenep, kerabat, dan keturunannya.

Setibanya di lokasi, dengan disambut Ketua Yayasan Asta Tinggi RB Roeska Panji Adinda, Khofifah langsung menuju Kubah atau Asta Tumenggung Tirtonegoro (Bindara Saod) dan selanjutnya ke Asta Panembahan Somala (R Asiruddin). Khofifah memimpin doa dengan khusyuk dan diakhiri dengan tabur bunga.

“Asta Tinggi ini merupakan objek wisata budaya sekaligus religi,” kata Khofifah kepada sejumlah wartawan usai ziarah.

Baca: Mohon Barokah, Khofifah dan Cak Imin Ziarah ke Makam Gus Dur

Diakui Khofifah, Sumenep memiliki objek wisata religi dan budaya yang luar biasa. Ia pun meminta Pemerintah Kabupaten Sumenep memperkuat dan mempertahankan wisata religi dan budaya lokal.

“Wisata religi dan budaya harus menjadi nilai lebih bagi Pemkab Sumenep untuk menarik minat wisatawan,” tandas Ketua Umum PP Muslimat ini.

Baca Juga: Luncurkan Desa Wisata Pujon Kidul, Ini Harapan Khofifah

Asta Tinggi dibangun pada 1750, terdiri atas tujuh kawasan dan memang direncanakan sebagai kawasan pemakaman bagi para raja, kerabat, dan keturunannya. “Raja-raja yang dimakamkan di Asta Tinggi tidak hanya tokoh pemerintahan, akan tetapi juga pemimpin atau pemuka agama. Ini harus dipertahankan,” paparnya.

Baca Juga: Ini Tokoh Muhammadiyah yang Dukung Khofifah Jadi Gubernur

Pada Pilgub Jatim 2018, Khofifah berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak. Pasangan ini diusung tujuh partai politik, yakni Demokrat, Golkar, PPP, NasDem, PAN, Hanura, dan PKPI. Sedangkan rivalnya, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno diusung PKB, PDIP, Gerindra, dan PKS. (suk/hay)