Politik

PKB Tak Tertarik Wacana Koalisi

Kamis, 14 November 2013 17:21 wib

...
Sekjend DPP PKB, H Imam Nahrawi (dok/santrinews.com)

Surabaya – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) rupanya tak tertarik dengan wacana koalisi partai Islam. Pada tataran ide, wacana yang digulirkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu dinilai bagus, namun implementasinya akan sulit.

“Itu wacana tidak menarik,” kata Sekretaris Jenderal DPP PKB, H Imam Nahrawi, ketika dihubungi SantriNews, Kamis, 14 November 2013.

Imam menegaskan, saat ini PKB memilih lebih fokus mendorong terciptanya proses demokrasi yang jujur, adil dan bermartabat. Hal ini lebih penting dibanding upaya mewujudkan koalisi partai Islam, karena belakangan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap parpol semakin menurun.

“Parpol telah melahirkan perilaku korup dan penyalahgunaan wewenang,” tegasnya. Inilah, menurut dia, yang menyebabkan masyarakat tidak percaya kepada parpol.

“Saatnya parpol bicara apa adanya kapada umat, bukan adanya apa saja,” tandas mantan ketua umum PMII Jatim ini.

Dia menyarankan agar seluruh kader PKB tidak terjebak pada wacana koalisi partai Islam, melainkan lebih fokus pada pendidikan politik yang baik serta senantiasa menemani masyarakat dalam setiap suka dan duka.

Sementara Ketua Fraksi PKB DPR RI H Marwan Jafar mengaku, penerapan dari wacana tersebut sulit. Apalagi bila nanti semua partai koalisi partai Islam memiliki calon presiden masing-masing.

“Itu wacana lama. Implementasinya susah. Sekarang wacana itu mulai dihidup-hidupkan lagi. Saya kira dalam konteks koalisi partai Islam masih jauh dari harapan,” ungkapnya. (ahay)