Politik

Rocky Gerung Akui Kiai Maruf Lebih Paham Dibanding Jokowi

Senin, 18 Maret 2019 08:30 wib

...

Jakarta – Debat antara dua calon wakil presiden nomor urut 01 dan 02, KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, sudah terlaksana. Kiai Ma’ruf dinilai tampil lebih meyakinkan dibanding Sandi.

Politikus Golkar Nusron Wahid menilai, penampilan Kiai Ma’ruf pada debat kali ini di luar dugaan. Terlebih dengan penyebutan beberapa istilah seperti #10YearsChallenge maupun DUDI yang merupakan singkatan dari dunia usaha dan dunia industri.

“Mengejutkan di luar ekspektasi, tapi saya tidak kaget,” kata Nusron dalam program Layar Pemilu Terpercaya CNN Indonesia TV, Ahad malam, 17 Maret 2019.

Baca juga: Di Pesantren Bumi Shalawat, Kiai Maruf Amin Paparkan Arus Baru Ekonomi Berkeadilan

Kiai Ma’ruf dinilai cukup mengagetkan dengan istilah-istilah yang dia lontarkan. Itu, kata Nusron, tidak lepas dari latar belakang Kiai Ma’ruf sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia. Menurutnya, Kiai Ma’ruf sering berdebat sebelum mengeluarkan sebuah fatwa.

“Latar belakang Kiai Ma’ruf penuh perdebatan, 30 tahun aktif di fatwa ulama,” kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Golkar itu.

Sementara pengamat politik Rocky Gerung mengaku terkejut dengan penampilan Kiai Ma’ruf. Menurutnya, Kiai Ma’ruf lebih percaya diri dibandingkan lawannya, Sandiaga Uno.

“Kiai Ma’ruf lebih percaya diri daripada Sandi. Masyarakat tidak menduga Kiai Ma’ruf bisa tenang, lengkap ungkapannya,” kata Rocky.

Baca juga: Sandiaga Uno Komitmen Wujudkan Ekonomi Berkeadilan bagi Umat Islam Madura

“Saya katakan bahwa Kiai Ma’ruf lebih paham dengan Pak Jokowi,” kata akademisi yang kerap mengkritik Jokowi ini.

Rocky menyebut debat kali ini tidak membosankan jika dibandingkan dengan dua debat sebelumnya yang juga menampilkan dua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. “Iya surprise (dibanding dengan debat sebelumnya),” ujarnya. (us/onk)