Politik

PPP Sumenep Mulai Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati

Kamis, 16 Januari 2020 10:30 wib

...
Kantor DPC PPP Sumenep di Jalan Lingkar (santrinews.com/bahri)

Sumenep – Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sumenep kini juga mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada 2020.

Pendaftaran dibuka selama seminggu, mulai 16 Januari hingga 21 Januari 2020.

“DPC hanya menerima pendaftaran. Semua (pendaftar) nanti diserahkan ke DPP,” kata Sekretaris DPC PPP Sumenep, M Syukri, kepada Kamis, 16 Januari 2020.

Baca juga: LaKSNU: PPP juga Dilahirkan NU

Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para calon. Diantaranya minimal berijazah sarjana, tidak sedang tersangkut masalah hukum, serta agamis, humanis dan berwawasan luas.

“Syarat khusus, (calon) sanggup melobi dan mendapat dukungan dari partai (lain) selain PPP,” tegasnya.

Syarat khusus itu harus dipenuhi mengingat PPP Sumenep hanya punya 7 kursi di parlemen hasil Pemilu 2019 lalu. Sesuai persyaratan minimal 10 kursi atau 20 persen suara agar bisa mengusung pasangan calon pada Pilkada 2020, PPP Sumenep butuh berkoalisi dengan partai lain.

Sekretaris Desk Pilkada PPP Sumenep Ach Asy’ari menambahkan, para pendaftar sebelum disetor ke DPW dan DPP, DPC terlebih dahulu akan mengadakan seleksi.

“Untuk teknis seleksinya itu urusan DPC. Panitia (Desk Pilkada PPP) hanya berwenang menerima pendaftaran dan memeriksa kelengkapan berkas administrasi,” ujarnya.

Hari pertama dibuka, ada tiga orang yang mengkonfirmasi akan mendaftar atau mengambil formulir. “Untuk hari ini yang sudah terkonfirmasi ada tiga (calon) pendaftar,” kata Asy’ari.

Tiga nama itu adalah Fattah Jasin (mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur), H Moh Subaidi (Sekretaris Majelis Pertimbangan DPC PPP Sumenep, anggota FPP DPRD Sumenep), dan Malik Effendi (politisi senior PAN, mantan anggota DPRD Jawa Timur).

Baca juga: 7 Tokoh Berebut Rekom PKB di Pilkada Sumenep 2020

Sebelumnya, PKB Sumenep sudah membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil Bupati pada 30 Oktober-15 November 2019. Ketua DPC PPP Sumenep KH Moh Shalahuddin A Waris alias Ra Mamak, dan Fattah Jasin termasuk diantara tujuh nama yang mendaftar dan kini tengah menunggu rekomendasi DPP PKB.

Tujuh nama selain Ra Mamak dan Fattah Jasin adalah KH Muh Unais Ali Hisyam, Nyai Hj Nurfitriana Busyro Karim, Donny M Siraj, Achmad Yunus, dan Nur Faizin. Dua nama terakhir mendaftar sebagai bacawabup. (ari/onk)