Aktifis Muda NU Memberi Pengatahuan Tentang Pancasila Di Alun-alun Sidoarjo

Sidoarjo – Aktivis Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) membeberkan butir-butir Pancasila dan mengenalkan nama-nama Presiden Indonesia kepada puluhan anak jalanan dan pengemis di alun-alun Sidoarjo, Sabtu 25-juni 2016.

Acara yang bertajuk “Membangun Bangsa, Peduli Sesama dan Berbagi Berkah di Bulan yang Mulia” ini dikemas dengan lesehan di sekitar alun-alun Sidoarjo sembari menunggu waktu berbuka puasa. Mereka juga membagikan takjil dan menggelar buka bersama dengan anak jalanan.

Ketua BEM Fakultas Ilmu Komputer Unusida Haedar Wahyu mengatakan, hidup itu harus disertai perjuangan dan doa. Dengan berbagi kepada anak jalanan dan pengemis, pihaknya ingin mengingatkan kepada masyarakat bahwa manusia di mata Allah itu sama, namun yang membedakan adalah iman dan taqwa.

“Tujuan kami adalah untuk berbagi ilmu serta mengajak mereka untuk belajar. Sebetulnya anak-anak ini ingin melanjutkan sekolah tinggi. Maka dari itu, kami mengupayakan agar hak mereka untuk bisa sekolah kembali. Kami juga mempunyai program les untuk anak jalanan. Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi amal baik kita semua,” kata Haedar.

Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari anak jalanan. Bahkan, salah satu dari mereka ada yang menyanyikan lagu untuk mahasiswa.

Auliya, salah satu anak jalanan mengaku senang dengan kegiatan yang digagas oleh BEM Fakultas Ilmu Komputer Unusida ini. Ia bercita-cita ingin sekolah hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

“Setiap hari saya hanya mengamen di sekeliling alun-alun Sidoarjo. Seandainya saya bisa bersekolah, saya ingin kuliah dan memakai almamater seperti kakak mahasiswa,” ucapnya penuh dengan harap. (rus/nuo)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network