Kelompok Takfiri Dibenci Semua Kelompok Agama

Mohammad Javad Zarif

Teheran – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif memperingatkan bahwa kelompok gerilyawan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) merupakan ancaman bagi seluruh dunia.

“Kami percaya bahwa ISIL, sebagai kelompok ekstremis Takfiri, merupakan ancaman bagi seluruh wilayah, seluruh dunia, dan kami mendesak bahwa tidak ada investasi politik yang dilakukan pada kelompok-kelompok teroris,” kata Zarif.

Dia juga menyebut pemerintah dan bangsa Irak mampu melawan ISIL. “Kelompok Takfiri dibenci oleh semua kelompok agama dan etnis di Irak,” tandasnya.

Pada 10 Juni, seperti dilansir kantor berita IRNA, para gerilyawan ISIL mengambil alih kota Mosul, ibu kota Provinsi Nineveh, Irak. Mereka kemudian mengambil alih kota Tikrit, yang terletak sekitar 140 kilometer (87 mil) dari barat laut ibu kota, Baghdad.

Selama beberapa hari terakhir, angkatan bersenjata Irak terlibat dalam bentrokan sengit dengan para teroris, yang telah mengancam untuk mengambil tindakan kekerasan terhadap kota-kota Irak lainnya, termasuk ibu kota. (hay)

Terkait

Dunia Lainnya

SantriNews Network