Dahlan Iskan: Pemain Barongsai itu Banyak dari Santri

Barongsai hibur massa Partai Aceh (santrinews.com/atjehpost)

Bandung – Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), Dahlan Iskan tahu betul seluk beluk dan perkembangan barongsai di kancah nasional. Menurut dia, saat ini barongsai bukan hanya milik etnis tertentu, melainkan milik beragam kalangan.

“Di Aceh saja, beberapa waktu lalu saya melantik Pengda FOBI Aceh, pemain barongsai itu santri pesantren semua, di Madura juga, santri yang banyak ambil bagian,” ujarnya dalam pidato sambutan saat pelantikan Pengda FOBI Jawa Barat di Grand Sudirman, Kota Bandung, Selasa malam, 27 Januari 2015.

Dahlan Iskan resmi melantik kepengurusan pertama FOBI Jawa Barat yang dinakhodai, Djonny Andhella. Dahlan seperti dilansir Tribunnews menyebut bahwa baru kali ini, pengukuhan pengurus Provinsi FOBI, sekaligus pengukuhan pengurus-pengurus cabang FOBI seluruh Jawa Barat.

“Ini baru pertama kali di Indonesia, pengurus daerah Jawa Barat dikukuhkan sekaligus juga pengurus-pengurus cabangnya yang berdiri di panggung yang sama malam ini,” ujar Dahlan sambil menunjuk ke arah panggung tempat pelantikan.

Selama ini Barongsai belum menjadi olahraga prestasi yang secara resmi dipertandingkan di pekan olahraga bergengsi negeri ini, PON. Sejak dicabut pelarangan terhadap barongsai hingga kini masih berupa olahraga eksibisi.

“Tanggal 21 Febriari 2013, secara resmi FOBI diterima menjadi anggota komite olahraga nasional indonesia (KONI). Karenanya, sudah ada perkembangan menjadi lebih marak dan legal,” ujarnya. (shir/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network