Ramadhan 1434 H

Polri Imbau Umat Islam Ciptakan Kedamaian

Wakapolri Nanan Soekarna (Rimanews.com/Santrinews.com)

Jakarta – Polri sadar keamanan di tengah bulan Ramadhan tahun ini belum maksimal tercipta. Untuk itu Korps Kepolisian meminta seluruh pihak ramai-ramai menjaga kekhusyukan bulan suci yang sebentar lagi berakhir.

Wakapolri Komjen Nanan Soekarna mengatakan Polri memahami banyak aksi masyarakat yang mengatasnamakan agama berbuat onar di Ramadhan ini. Mulai dari teroris hingga aksi ormas yang keduanya menjadikan Islam sebagai dasar bertindak. 

Dia meminta seluruh umat Islam untuk kembali mengingat fitrahnya sebagai muslimin dan muslimat. “Kita (umat muslim) adalah penebar rahmatan lil alamin (kebaikan) di muka bumi ini. Mari terapkan itu agar damai senantiasa tercipta,” kata Nanan di Masjid Mabes Polri Jakarta Selatan, Jumat, 26 Juli 2013, seperti dilansir Republika.

Nanan menegaskan, di sisa bulan puasa ini Polri terus mengetatkan penjagaan di seluruh wilayah Indonesia. Pos-pos keamanan pun dibangun guna memperkuat hal tersebut.

“Pasukan disiagakan di seluruh lokasi. Ingat ya, mereka bertugas melayani masyarakat dan mengamankan, khususnya musim mudik nanti, bukan untuk menangkap masyarakat, silakan maksimalkan,” ujar Nanan.

Ketika ditanya seperti apa bekal petugas guna menghadapi serangan teroris atau masyarakat lainnya kepada polisi itu sendiri.

“Ya jelas itu ada. Tapi, dasarnya begini, masa sih kami yang berniat mengabdi kepada masyarakat malah didzolimi. Kami percaya semua akan berjalan lancar, ya,” tutur jenderal yang lima hari lagi ini resmi pensiun. (onk/saif).

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network

Fokus