Liga Santri Nusantara

Robby Darwis: Sepak Bola Perlu Dijadikan Kurikulum di Pesantren

Menpora RI Imam Nahrawi menendang bola pada pembukaan Liga Santri Nusantara (LSN) secara resmi di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Jawa Barat, Ahad, 6 September 2015, lalu (santrinews.com/dok)

Jakarta – Pertandingan Babak 8 Besar Atau Perempat Final Sepak Bola U-17 Piala Menpora RI Liga Santri Nusantara digelar pada hari Sabtu-Ahad tanggal 14-15 November 2015 di Lapangan Sepak Bola Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat.

Ada 8 tim yang lolos dari 16 zona pada babak penyisihan. Zona Jawa Barat diwakili oleh 3 klub. Yakni PP Alfiah Purwakarta, PP Darul Maarif Indramayu, PP Darunnajah Garut. Dari Zona DKI Jakarta diwakili oleh PP Al-Ikhlas. Untuk PP Nur Iman Sleman sebagai perwakilan dari Daerah Istimewa Yogykarta. Dari zona Jawa Tengah diwakili oleh PP Walisongo Sragen. Sedangkan dari zona Jawa Timur diwakili oleh PP Nurul Islam Jember.

Pemain Lagendaris Persib Bandung, Robby Darwis optimis dengan adanya Liga Santri Nusantara ini bisa memberikan kemajuan dalam pembinaan dan pembibitan dunia sepak bola di usia dini. “Karena pembibitan dan pembinaan sepak bola menjadi kunci dan modal utama dalam memberikan kemajuan sepak bola Indonesia,” katanya.

Mantan Kapten Persib Bandung era 1990-an yang pernah membawa Persib juara Liga Indonesia ini menyatakan, dengan adanya Liga Santri Nusantara ini bisa menjadi wadah untuk pembinaan pemain sepak bola dari kalangan santri.

“Untuk itu, menjadikan sepak bola sebagai kurikulum pesantren ini menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pembinaan sepak bola santri sejak usia dini. Ini akan memberikan kemajuan lagi dalam dunia seoak bola Indonesia.”

Mantan Pelatih Persib Bandung pada tahun 2010 ini yang dipastikan hadir dalam babak Perempat Final Liga Santri di Bandung mendukung sekali dengan adanya kurikulum sepak bola di pesantren. “Ini akan mendorong fase tingkatan pemain dari daerah, ke tingkat provinsi, hingga ke tinggat nasional,”

Robby Darwis berharap dengan adanya Liga Santri Nusantara ini akan memberikan kemajuan untuk sepak bola Indonesia. “Untuk yang akan datang Liga Santri bisa menyamai liga-liga yang lain yang lebih maju dan semakin banyak pesantren yang mengikuti kompetisi ini,” tandasnya.

Pada pertandingan babak 8 besar Atau Perempat Final Sepak Bola U-17 Piala Menpora RI Liga Santri Nusantara Menteri Pemuda dan Olahraga H Imam Nahrawi dipastikan hadir. Selain itu, pejabat pemerintah, seperti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Bandung Barat Abu Bakar, serta jajaran pejabat pemerintah lainnya dipastikan ikut menghadiri pembukaan pada perempat final Liga Santri Nusantara tersebut. (us/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network