Daerah

Surat Edaran Pemkot Tangerang: 8 Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha

Rabu, 15 Juli 2020 18:30 wib

...

Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang mengeluarkan surat edaran tentang syarat dan cara penyelenggaraan shalat Idul Adha 1441 Hijriah, di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Surat Edara Nomor 451/1552-Kesra/2020 tentang penyelenggaraan shalat Idul Adha tersebut memuat delapan syarat jika masyarakat Kota Tangerang hendak melaksanakan shalat Idul Adha di masjid, mushala atau lapangan.

Pertama, panitia menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan shalat.

Kedua, panitia diminta untuk melakukan pembersihan dan disinfeksi area tempat shalat sebelum dan sesudah pelaksanaan shalat.

Ketiga, panitia membatasi jumlah pintu atau jalur keluar masuk tempat pelaksanaan untuk memudahkan penerapan pengawasan protokol kesehatan.

Empat, panitia menyiapkan fasilitas cuci tangan atau sabun di pintu atau jalur masuk dan keluar.

Kelima, panitia menyediakan alat pengecekan suhu di pintu atau jalur keluar masuk. Jika ditemukan jemaah dengan suhu di atas 37,5 derajat celsius, maka orang itu tidak diperkenankan masuk ke area pelaksanaan shalat Idul Adha.

Keenam, penitia memberikan tanda khusus untuk penerapan physical distancing minimal 1 meter.

Tujuh, panitia diminta untuk mempersingkat pelaksanaan shalat dan kotbah tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukun.

Delapan, penyelenggara atau panitia diminta untuk mengimbau masyarakat tentang protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menghindari kontak fisik hingga melarang warga yang rentan terpapar Covid-19 seperti anak-anak dan warga lanjut usia untuk ikut shalat Idul Adha. (red)