Nasional

Hari Santri 2020 Disemarakkan Youtuber Shalawat Summit

Minggu, 11 Oktober 2020 23:30 wib

...

Shalawat sarana dakwah Islam moderat.

Jakarta – Kementerian Agama menggelar Youtuber Shalawat Summit secara daring pada Rabu, 14 Oktober 2020, untuk memeriahkan peringatan Hari Santri 2020.

“Ini upaya Kemenag menyemarakkan shalawat sebagai medium dakwah pendidikan Islam rahmatan lil’alamin,” kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghofur dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 11 Oktober 2020.

Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow secara daring dan mengangkat tema Dengan Shalawat Indonesia Kuat ini terbuka untuk umum. Pendaftaran keikutsertaan kegaitan dapat mendaftar melalui laman Youtuber Shalawat Summit.

Waryono mengatakan Kemenag perlu memfasilitasi para santri yang hobi shalawatan. Sebab, menurut dia, tren membaca shalawat kian diminati masyarakat melalui kanal daring seperti Youtube, Instagram dan Facebook.

Youtuber Shalawat Summit, kata dia, merupakan gerakan mendorong santri dan pelajar untuk mempergunakan teknologi digital secara lebih bijak dan bertanggung jawab. Kegiatan tersebut juga menjadi sarana dakwah Islam moderat dengan memanfaatkan influencer/pemengaruh shalawat.

Kegiatan Youtuber Shalawat Summit, lanjut Waryono, juga akan membincang perkembangan shalawat dari masa ke masa. Narasumber akan berbagi kiat dan pengalaman tentang proses kreatif pembuatan video shalawat yang selama ini dibuat para youtuber populer.

“Talkshow ini akan menghadirkan para Youtuber pelantun shalawat populer yang terdiri dari Veve Zulfikar Basyaiban, Syakir Daulay, Sulis serta Youtuber Shalawat populer lainnya di Indonesia,” ujarnya. (ant/us)