Nasional

KH Miftachul Akhyar Terpilih Ketua Umum MUI 2020-2025

Jum'at, 27 November 2020 08:30 wib

...
Ketua Umum MUI 2020-2025 KH Miftachul Akhyar (santrinews.com/antara)

Jakarta – Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar resmi terpilih sebagai ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa khidmat 2020-2025. Ia terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) X MUI menggantikan KH Ma’ruf Amin.

Keputusan itu diambil lewat rapat Tim Formatur yang berisi 17 orang ulama yang dipimpin KH Ma’ruf Amin.

Selain meresmikan jabatan ketua umum, Munas X MUI juga menunjuk KH Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI 2020-2025.

Selain itu, Munas X MUI yang berlangsung di Jakarta, 25-27 November 2020, juga menunjuk Amirsyah Tambunan sebagai sekretaris jenderal. Amirsyah menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat Anwar Abbas.

“Rapat Tim Formatur Tim Musyawarah Nasional MUI X tahun 2020 memutuskan struktur dan personalia organisasi MUI masa khidmat 2020-2025,” kata Ketua Steering Commitee Munas X MUI Abdullah Jaidi, Jumat, 27 Nopember 2020.

Selain menentukan ketua umum dan struktur pengurus baru, Munas X MUI juga menghasilkan sejumlah keputusan dan fatwa. Ada perubahan wawasan MUI dan sejumlah aturan rumah tangga MUI.

Dua fatwa yang diputuskan berkaitan dengan vaksin dan penyelenggaraan ibadah haji. Pertama, MUI memperbolehkan penggunaan human diploid cell atau sel yang berasal dari bagian tubuh manusia sebagai bahan produksi obat dan vaksin.

Kedua, pendaftaran haji sejak usia dini. Pendaftaran semacam itu dibolehkan asal uang yang digunakan diperoleh dengan cara yang halal, tidak mengganggu biaya-biaya lain yang wajib dipenuhi, tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan, dan tidak menghambat pelaksanaan haji bagi mukallaf yang sudah memiliki kewajiban serta sudah mendaftar. (red)