GP Ansor Arab Saudi Resmi Dikukuhkan

Ketum PP Ansor H Yaqut Cholil Qaumas, Sekjen Abdul Rochman, dan Kasatkornas Alfa Isnaini foto bersama usai pengukuhan PKC GP Ansor Arab Saudi (santrinesw.com/ist)

Arab Saudi – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor) mengkuhkan Pimpinan Cabang Khusus (PKC) GP Ansor Saudi Arabia dengan Ketua Musthofa Al Ghulayain sekaligus menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang diikuti 36 peserta sejak Jum’at hingga Sabtu, 10-11 Februari 2017.

Sekretaris Jendral PP GP Ansor, Abdul Rochman menyebutkan bahwa dikukuhkannya Ansor di Saudi Arabia merupakan bukti komitemen Ansor untuk melakukan kaderisasi, tidak hanya di dalam negeri, namun juga luar negeri.

“Kegiatan ini merupakan komitmen pimpinan pusat Ansor melakukan kaderisasi secara serius, tidak saja di dalam negeri, tapi juga di luar negeri,” ucapnya.

Ia menambahkan, keberadaan GP Ansor di Arab Saudi sangat strategis untuk menyebarkan Islam ahlussunnah dan semangat kebangsaaan.

“Kegiatan ini, lanjutnya, sangat strategis untuk mendesiminasikan Islam aswaja, semangat kebangsaan dan keindonesiaan,” tambahnya.

Semantara itu, Ketua Bidang Kaderisasi PP GP Ansor, Ruchmat Basori, kegiatan tersebiiut juga dimanfaatkan untuk melakukan napak tilas perjalanan KH Abdul Wahab Chasbullah sebagai delegasi Komite Hijaz.

“Kalau dulu KH Abdul Wahab Chasbullah melakukan perjalanan menjadi delegasi Komite Hijaz, kami ini Ansor sebagai generasi muda juga napak tilas jejak Komite Hijaz sekaligus berumroh,” katanya.

Ia pun menambahkan, kegiatan ini dapat menegaskan posisi Ansor sebagai kekuatan penting penjaga Islam ahlussunnah waljamaah, NKRI dan Pancasila” harap Ruchman Basori.

PKD di Saudi Arab Saudi ini dilaksanakan untuk pertama kalinya sepanjang Ansor berdiri tahun 1934. Untuk mendukung PKD ini dikirim 18 orang instruktur nasoinal dari PP GP Ansor.

Hadir memimpin rombongan PKD internasional adalah Ketum PP Ansor H. Yaqut Cholil Qaumas, Sekjen Abdul Rochman, Kasatkornas Alfa Isnaini, Ketua Bidang Kaderisasi Ruchman Basori dan pimpinan pusat lainnya (ubaid/onk)

Terkait

Dunia Lainnya

SantriNews Network