Cara Hindari Korupsi, Zawawi Imron: Bacalah Kehidupan dengan Hati!

D Zawawi Imron (santrinews.com/istimewa)

Pamekasan – Orang-orang banyak korupsi dikarenakan pengetahuan agamanya hanya dari mata dengan kertas, tidak menggunakan mata hati dengan kehidupan. Untuk mencegah dan menghindari perilaku korup, salah satu caranya ialah melalui membaca kehidupan dengan hati.

Demikian ditegaskan budayawan D Zawawi Imron saat menjadi pembicara dalam pengukuhan dan ceramah kebudayaan serta santunan anak yatim oleh Forum Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (FAPMII) Universitas Islam Madura (UIM), di SMKN 3 Pamekasan, Ahad, 27 Maret 2016.

Penyair berjuluk “Celurit Emas” ini mengamini betapa para pejabat yang terjerat kasus korupsi di negeri ini, nyaris semuanya berasal dari orang-orang yang pernah mengenyam pendidikan. Itu menandakan bahwa mereka tidak pernah menjalani kehidupan ini dengan hati.

“Salah satu ciri seseorang yang selalu membaca kehidupan dengan hati ialah menghayati betapa masih banyak kaum dluafa yang terabaikan, kemiskinan menerpa banyak anak bangsa di negeri ini. Dengan begitu, untuk melakukan korupsi, mereka bakal berpikir seribu kali. Muaranya, urung melakukan perilaku tidak suci itu,” urai Zawawi.

Acara yang dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan ini, dihibur oleh RMC Music Group dan Paduan Suara Bintang Sembilan PMII UI Madura. (anam/jaz)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network