Daerah

100 Pesantren di Pamekasan Dapat Bantuan Tandon

Minggu, 12 April 2020 01:30 wib

...
Satgas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan menyerahkan bantuan tempat cuci tangan potabel ke pondok pesantren (santrinews.com/antara)

Pamekasan – Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan, Madura, mulai membagikan tempat cuci tangan portabel lengkap berupa tandon air, wastafel dan tempat dudukan tandon ke 100 lembaga pendidikan dan pondok pesantren.

“Salah satu upaya yang harus dilakukan agar virus ini tidak menyebar adalah dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun,” kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Akamalul Firdaus, Sabtu, 11 April 2020.

Ia menjelaskan, bantuan tempat cuci tangan portabel dengan paket lengkap yang diberikan Satgas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan sebagai salah satu upaya agar masyarakat bisa mencuci tangan sesering mungkin, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Lembaga pendidikan dan pondok pesantren menjadi sasaran bantuan tempat cuci tangan itu, dengan pertimbangan karena banyak murid atau santri yang tinggal di pondok pesantren atau yang belajar di lembaga pendidikan tersebut.

“Sebenarnya bukan hanya pesantren dan lembaga pendidikan yang menjadi sasaran bantuan, tapi juga posko relawan,” kata Akmalul Firdaus.

Sejumlah pusat pelayanan publik seperti Puskesmas yang belum memiliki tempat cuci tangan juga menjadi sasaran bantuan Satgas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan.

Selain memberikan bantuan tempat cuci tangan lengkap, Satgas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan hingga kini terus gencar melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan fasilitas umum lainnya dengan melibatkan para relawan.

Sementara itu, saat ini jumlah warga terpapar Covid-19 dengan status orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 7.254 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak dua orang, dan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak dua orang, dan seorang di antaranya telah meninggal dunia. (ant/red)