Dunia

Tahun Ini, Umat Muslim Inggris Berpuasa 19 Jam

Senin, 30 Juni 2014 01:27 wib

London – Tahun ini umat Muslim Inggris harus berpuasa selama 19 jam sepanjang Ramadhan. Karena itu, sejumlah otorita umat Muslim Inggris bersama otorita medis dan pemerintah mengeluarkan peringatan menjelang dimulainya ibadah puasa.

Dewan Muslim Britania (MCB) mengatakan bulan Ramadhan tahun ini, yang akan dimulai Ahad, 29 Juni 2014 akan lebih berat, sehingga layanan ambulans dan medis siap siaga untuk membantu mereka yang paling berisiko seperti orang tua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan.

“Hanya lima jam yang tersedia untuk makan, minum, tidur dan menjalankan shalat. Ramadhan tahun ini di Inggris akan sangat berat,” demikian pernyataan MCB.

Waktu puasa yang panjang, dalam peringatan MCB seperti dilansir Tribunnews, membuat umat Muslim lebih berisiko mengalami level gula darah rendah dan dehidrasi.

“Jika udara panas maka Anda bisa mengalami dehidrasi yang bisa membuat Anda sakit. Level gula darah yang tinggi akan muncul jika Anda terkena dehidrasi atau makan berlebihan saat sahur dan buka,” demikian peringatan MCB.

Meski terbilang panjang, namun 19 jam bukanlah waktu berpuasa yang paling panjang. Di beberapa negara lain di belahan bumi utara, umat Muslim bahkan harus berpuasa selama 21 jam.

Menurut data yang disampaikan harian The Guardian, di seluruh Inggris terdapat 2,7 juta umat Muslim dan 325.000 orang di antaranya menderita diabetes yang tentu saja akan menghambat ibadah mereka di bulan Ramadhan ini. (ahay)