Hikmah

Hikam Zain: Sakit

Jum'at, 09 September 2016 20:16 wib

MANUSIA adalah makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah.

لقد خلقنا الإنسان في أحسن تقويم

Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia  dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
(QS. At Tien)

Manusia yang baik akan lebih mulia dari pada malaikat dan yang jelek lebih buruk dari pada syetan. Begitu kata para Ulama’.

Seorang manusia diciptakan dengan berdiri tegap sempurna, mempunyai pandangan mata yang tajam, mempunyai pendengaran yang kuat dan tentunya yang membedakan dengan makhluk lain adalah akal dan fikiran. 

Begitu juga didalam kehidupan manusia, Allah menciptakan sehat dan sakit. Semua manusia pasti pernah merasakan sakit, jika tidak pernah mungkin salah satu keturunan raja Mesir kuno yang bernama Fir’aun. hehehe…

Hikam Zain kali ini membahas Bagaimanakah islam menanggapi tentang sakit?

عَنْ أُمِّ العَلاَءِ قَالَتْ : عَادَنِيْ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مَرِيْضَةً، فَقَالَ : اَبْشِرِىْ يَا أُمِّ العَلاَءِ، فَإِنِّ مَرَضَ المُسْلِمِ يُذْ هِِبُ اللَّهُ بِهِ خَطَايَاهُ كَمَا تُذْ هِبُ النَّارُ خَببَثَ الذَّهَبِ وَالفِضَّةِ

“Dari Ummu Al-Ala’, dia berkata :“Rasulullah Shallallahu “˜alaihi wa sallam menjenguk-ku tatkala aku sedang sakit, lalu beliau berkata. “˜Gembirakanlah wahai Ummu Al-Ala’. Sesungguhnya sakitnya orang Muslim itu membuat Allah menghilangkan kesalahan-kesalahan, sebagaimana api yang menghilangkan kotoran emas dan perak”.

Sabda yang lain ;

لا تسبي الحمى، فإنها تذهب خطايا بني آدم، كما يذهب الكير خبث الحديد (رواه مسلم)

“Janganlah kamu mencaci-maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan menghapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi”. (HR. Muslim no. 2575).

Bahwa Allah tidak menurunkan penyakit kecuali pasti ada obatnya, dan ketika berobat jangan menggunakan perkara yang haram.

إن الله أنزل الداء والدواء وجعل لكل داء دواء فتداووا ولا تتداووا بحرام 

“Sesungguhnya Allah SWT menurunkan penyakit dan obatnya dan menjadikan setiap penyakit pasti ada obatnya. Maka berobatlah dengan sesuatu yang tidak diharamkan”.

Terus bagaimana islam mengajarkan agar umatnya menjadi umat yang sehat? Karena kesehatan itu adalah nikmat yang agung dibanding nikmat-nikmat lain. Termasuk cara menjaga agar kita tetap sehat adalah tips dari Nabi SAW  :

“مَا مَلأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنِهِ حَسْبُ ابْنِ آدَمَ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ لَمْ يَفْعَلْ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ.”

“Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk nafasnya.

Allah SWT pun juga berfirman didalam Al-Qur’an;

كلوا واشربوا ولا تسرفوا

“Makan dan minumlah tapi jangan sampai berlebihan“ 

Ini adalah Tips dasar pokok cara untuk sehat, dan sebenarnya masih banyak lagi agar kita teta bugar gembira termasuk diantaranya minum madu.

Semoga kita senantiasa bisa menjaga kesehatan. Kalau kita sehat ? berfikir enak, beraktifitas enak, cari uang enak, makan enak, minum enak dan sebagainya. Sebaliknya jika kita hanya gegabah terlalu memaksakan diri untuk mencari uang, memaksakan diri untuk berfikir nanti akhirnya malah sakit, yang rugi nanti kembali pada kita sendiri, bahkan kerugian itu bisa berdampak pada keluarga bahkan juga kepada masyarakat.
Jaga kesehatan, dengan sehat kita bisa beramal dan memberi manfaat lebih banyak kepada sesama. Adapun yang sakit, tetaplah bersabar, dengan kesabaran itu pahala akan terus mengalir.

Wallahul Musta’aan.

Salam Takdzim.
Ahmad Zain Bad.
AnNur II Bululawang Malang.