Nasional

Polemik Puisi ‘Konde’, Sukmawati Temui Para Kiai di Kantor NU Jatim

Rabu, 18 April 2018 14:00 wib

...
Sukmawati Soekarnoputri bersilaturahmi dengan para kiai di kantor PWNU Jawa Timur, Rabu 18 April 2018 (santrinews.com/ist)

Surabaya – Sukmawati Soekarnoputri tiba-tiba menemui kiai di kantor PWNU Jawa Timur di Jalan Masjid Al Akbar Timur 9 Surabaya, Rabu, 18 April 2018. Informasinya, selain bersilaturahmi ia tabayyun dengan para kiai terkait puisinya yang kontroversial, ‘Ibu Indonesia’.

Setiba di kantor NU Jatim sekira pukul 13.15 WIB, Sukmawati langsung ditemui Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Mansur dan Ketua Tanfidziyah KH M Hasan Mutawakkil Alallah, serta sejumlah pengurus lainnya.

Baca: NU Jatim Perintahkan Ansor Kawal Kasus Sukmawati ke Polisi

Sebelum menemui sejumlah wartawan, Sukmawati melakukan pertemuan tertutup dengan para kiai. “Nanti ada konferensi pers,” kata Sekretaris PWNU Jatim, Akhmad Muzakki.

Sukmawati memantik pro dan kontra terkait puisi ‘Ibu Indonesia’ yang ia bacakan dalam sebuah acara di Jakarta beberapa pekan lalu. Puisinya jadi polemik karena isinya membandingkan antara azan dengan kidung serta cadar dan konde.

Baca Juga: Nahdliyin Bersatu Minta Hentikan Penghinaan KH Ma’ruf Amin

Tak lama berselang setelah muncul puisi Sukma jadi polemik, PWNU Jatim bereaksi. Bahkan, saat itu Ketua PWNU Jatim KH M Hasan Mutawakkil Alallah, memerintahkan Gerakan Pemuda Ansor agar melaporkan Sukmawati ke Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Saat itu, Kiai Mutawakkil menilai puisi Sukmawati itu justru bertentangan dengan pemikiran Soekarno. “Kami sayangkan karena itu bertentangan dengan sikap dan prilaku sang proklamator, ayahandanya (Sukmawati) sendiri, Bung Karno, dimana beliau sangat-sangat menghormati agama,” ujarnya, 3 April 2018.

Perintah itu ditindaklanjuti. Hari itu juga, LBH Ansor Jatim melaporkan Sukmawati ke Polda Jatim. (rus/onk)