Opini

Imlek 2572, Tahun Kerbau Sumber Pengharapan Baru

Jum'at, 12 Februari 2021 20:00 wib

...

Kerbau menjadi simbol sebuah momentum untuk semua orang agar dapat bangkit.

Imlek yang datangnya di bulan Februari di tahun 2021 ini menjadi bulan istimewa di mana warga Tionghoa antusias dengan kemeriahan Tahun Baru Cina.

Tepat hari ini, Jumat 12 Februari 2021, warga Tionghoa memperingati perayaan Imlek 2572.

Sayangnya, perayaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, Imlek tahun ini dijalani di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Makna Imlek yang menjadi tradisi keluarga untuk berkumpul bersama, makan malam bersama dan esoknya saling mengucapkan “Kiong Hie” tidak bisa dirasakan untuk tahun ini.

Situasi yang mengharuskan kita membatasi dan menahan diri dari keramaian tradisi berkumpul bersama anggota keluarga dekat dan orang tua.

Namun, kemeriahan perayaan Imlek sangat terasa di jejaring sosial. Seperti hari besar lainnya, publik, khususnya para pengguna jejaring sosial juga turut memeriahkan perayaan setahun sekali ini di jejaring sosial.

Ucapan dari Warganet pun meramaikan lini masa Twitter dengan berbagai twit ucapan selamat Tahun Baru Imlek. “Gong Xi Fa Cai. Semoga pandemi tak menghalangi rezeki. Semangat selalu. Selamat hari raya Imlek 2021,” tulis salah satu akun twitter.

Selamat datang wahai Kerbau, hewan yang bekerja dengan giat, membantu petani mengolah tanah menjadi gembur, yang hasil pertaniannya bermanfaat bagi orang banyak.

Tahun Kerbau menjadi andalan dapat menyelesaikan bencana wabah penyakit yang telah terjadi di tahun sebelumnya.

Menjadi tumpuan harapan untuk memperbaiki kehidupan porak poranda dan kesedihan yang telah melanda dunia sebelumnya.

Kerbau Logam menjadi simbol sebuah momentum untuk semua orang agar dapat bangkit dan bekerja lebih semangat.

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, kita menjalani satu tahun ke depan yang terang dan penuh keberuntungan. Menjadi pribadi yang lebih banyak lagi menabur kerukunan, kebaikan dan manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang banyak.

Semoga kita semua semakin sehat, sejahtera, bermanfaat, dan bahagia selama-lamanya. Amin.

Gong Xi Fa Cai 2572. Selamat Merayakan Imlek Penuh Berkah. (*)

Lilyana Phandeirot, Direktur Eksekutif INDOP Institute.