Politik

Mahfud MD Berpeluang Dampingi Ical

Selasa, 14 Mei 2013 05:13 wib

Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tandjung mengatakan, Mahfud MD berpeluang mendampingi Aburizal Bakrie (Ical) sebagai bakal calon wakil presiden dalam Pemilu Presiden 2014.

“Saya kira Pak Mahfud salah satu orang yang memiliki peluang untuk mendampingi capres dalam Pemilu 2014, termasuk mendampingi saudara Aburizal Bakrie (Ical),” kata Akbar Tandjung seusai peluncuran buku berjudul ‘Sahabat Berbicara Mahfud MD’ di Jakarta, Senin 13 Mei 2013, seperti dilansir Matanews.com.

Akbar mengatakan, Partai Golkar memiliki mekanisme dalam menentukan bakal cawapres untuk mendampingi Aburizal Bakrie. Menurut dia, Dewan Pertimbangan Partai Golkar akan memberikan masukan kepada Dewan Pengurus Pusat Partai Golkar terkait bakal cawapres tersebut.

“Tentu sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, saya akan beri masukan sama seperti penetapan calon legislatif,” katanya.

Dia mengatakan, kecocokan bakal capres dan cawapres harus dilihat dari berbagai aspek, sehingga keduanya terintegrasi dengan baik. Selain itu, menurut dia, capres juga harus dilihat apakah mau didampingi cawapres yang diusulkan.

Akbar melihat sosok Mahfud sebagai orang yang berpengalaman dalam berbagai bidang seperti eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Dia juga menilai pria kelahiran Madura itu sebagai seorang yang berkomitmen dalam penegakan hukum.

“Beliau memiliki kualitas ketokohan dan integritas yang tinggi,” tandasnya.

Dia mengatakan dengan kriteria tersebut Mahfud dibutuhkan untuk menempati jabatan penting seperti presiden dan wakil presiden. Namun dia menekankan bahwa pencalonan Mahfud harus dikembalikan pada proses politik yang sesuai konstitusi Indonesia.

“Capres dan cawapres yang dicalonkan harus dari partai politik atau gabungan parpol,” ujarnya. (ahay/saif).