KH Maktum Jauhari, Kiai Pejuang Antikorupsi Wafat

Sumenep – Masyarakat Madura digemparkan oleh kabar wafatnya pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep, KH Maktum Djauhari.

Kiai pejuang antikorupsi tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Darmo Surabaya, Selasa, 29 Desember 2015.

Selama hidupnya, Kiai Maktum dikenal getol menyuarakan perang terhadap perilaku korup yang menjangkiti negeri ini. Lewat tausiyah-tausiyahnya, beliau menyatakan sangat prihatin atas maraknya kasus korupsi yang menimpa negeri ini.

Untuk itu, beliau kerap menekankan kepada segenap lapisan masyarakat dan santri beserta alumni Pesantren Al-Amien supaya tidak mendekat-dekati perilaku korup.

Bahkan, menurut beliau, status santri sejati tidak bisa diperoleh oleh mereka yang menempa ilmu di pesantren manakala masih terjangkit penyakit korupsi.

“Anti korupsi adalah sebagian tanda bahwa santri telah mendapatkan ilmu yang nafi’ dari Allah Swt,“├é┬áterang Kiai Maktum dalam suatu kesempatan menghadiri acara di Kabupaten Pamekasan. (anam/jaz)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network