Nasional

PBNU Gelar Konbes 2022 Tanpa Munas Alim Ulama

Kamis, 19 Mei 2022 16:30 wib

...

Jakarta – Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) akan digelar di Hotel Yuan Garden, Jakarta Pusat, Jumat, 20 Mei hingga Sabtu, 21 Mei 2022. Konbes NU ini dilaksanakan terpisah dengan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama.

Hal itu karena agenda utama Konbes akan lebih spesifik pada tata kelola organisasi yakni memutuskan berbagai Peraturan Perkumpulan (Perkum) tentang sistem kaderisasi.

“Karena ini strategis dan spesifik, hanya Konbes, yang betul-betul akan melahirkan keputusan-keputusan yang bisa menjadi pegangan untuk pengelolaan organisasi ke depan,” kata Ketua Organizing Committee (OC) Konbes NU 2022, Habib Umar Syah, Kamis, 19 Mei 2022.

Konbes NU telah diatur di dalam Pasal 75 Bab XX Anggaran Rumah Tangga (ART) NU. Dijelaskan bahwa konbes merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah muktamar yang dipimpin dan diselenggarakan oleh pengurus besar.

Konbes membicarakan pelaksanaan keputusan-keputusan muktamar, mengkaji perkembangan, dan memutuskan peraturan perkumpulan. Konbes dihadiri oleh anggota pleno pengurus besar dan pengurus wilayah.

“Konbes ini perlu segera digelar agar semua kegiatan dan program dapat mengacu pada peraturan perkumpulan,” imbuhnya.

Umar Syah mengatakan, Konbes NU 2022 akan diikuti oleh sekitar 275 peserta. Mereka terdiri dari Anggota Pleno PBNU (mustasyar, syuriyah, a’wan, tanfidziyah, ketua-ketua lembaga dan badan khusus, serta ketua badan otonom) ditambah ketua dan sekretaris PWNU seluruh Indonesia.

“Nanti peserta yang hadir itu adalah anggota pleno PBNU (syuriyah, a’wan, tanfidziyah, mustasyar, ketua-ketua lembaga dan badan otonom) ditambah ketua dan sekretaris PWNU se-Indonesia”.

Ia menjelaskan persidangan dibagi menjadi dua komisi, yakni komisi tata kelola organisasi dan komisi kaderisasi. Forum ini akan melibatkan semua unsur kepengurusan dan kelembagaan, mulai dari pengurus wilayah NU dari seluruh Indonesia hingga badan otonom (banom).

“Peserta akan langsung menuju lokasi. Kita siapkan akomodasi, konsumsi, dan semua perlengkapan untuk sidang-sidang. Konbes ini tidak ada tamu undangan dari luar, kami hanya mengundang tokoh-tokoh internal saja,” pungkasnya. (red)