Nasional

LKNU: Melawan AIDS adalah Jihad

Jum'at, 22 Agustus 2014 00:03 wib

Jakarta – Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU) menyelenggarakan bedah buku pintar untuk penanggulangan AIDS dan Tuberkolosis. Kegiatan digelar di Lantai 8 Gedung PBNU, Jakarta, Kamis 21 Agustus 2014.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Wasekjend PBNU, Kepala PP LKNU Imam Rasjidi dan Katib Syuriyah PBNU, KH Afifuddin Zuhri.

Dalam sambutannya, Imam Rasjidi mengungkapkan sebagai lembaga sosial keagamaan NU melalui LKNU berkomitmen untuk turut serta peduli pada kesehatan masyarakat. “Kali ini dengan bedah buku pintar penanggulangan HIV dan Tuberkolosis,” ujarnya.

Acara bertajuk halal bi halal dan bedah “Buku pintar penanggulangan Tuberkolosis Kupasan Para Kiai dan Panduan Penanggulangan AIDS, Perspektif NU”.

Ia menjelaskan kiprah dan posisi NU yang mendukung masalah masyarakat global. “Tidak hanya sekadar memberikan dukungan, NU juga melakukan langkah sosialisasi dan advokasi serta pelayanan tentang AIDS dan Tuberkolosis. Bahkan hal itu bisa dikategorikan jihad,” tandasnya.

Dia menambahkan, pemaknaan jihad pada penanggulangan HIV dan TB lantaran sekarang ini kedua penyakit tersebut sudah mewabah dan menjadi masalah global yang mengancam kemanusian.

Kedua buku dikupas oleh para kiai yang terlibat langsung dalam penyusunan fatwa dan sesuai berdasarkan hasil bahtsul masa’il. (dhom/set)