99 Puisi Lesbumi NU, Revolusi Estetik Kaum Sarungan

Surabaya – Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama Jawa Timur meluncurkan buku antologi puisi berjudul “Tasbih Hijau Bumi”. Berisi 99 puisi yang ditulis para penyair berlatar santri dan NU.

“Tidak ada salahnya membuat puisi ‘dalam rangka’, karena sejak dulu sastra ‘dalam rangka’ juga dikenal dalam sejarah sastra,” kata sastrawan Surabaya, Dr Moh Shoim Anwar, mengomentari buku antologi puisi tersebut yang ditulis dalam rangka program penerbitan antologi bersama penulis NU.

Shoim Anwar mengungkapkan hal itu dalam diskusi sastra dan bedah buku, di Kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar Timur 9 Surabaya, Selasa sore, 23 Desember 2014. Diskusi ini adalah rangkaian acara Lesbumi NU Jatim bertajuk “NU di Tahun Kebudayaan 2014”.

Diskusi dipandu Chamim Kohari dengan menghadirkan pembicara, diantaranya penyair dari Jakarta, Binhad Nurohmat. Hadir pula para penyair yang karyanya dimuat di buku antologi itu.

“Dari sini (puisi ‘dalam rangka’) itu justru muncul karya-karya besar, sebagaimana dalam tradisi sastra Jawa. Yang terpenting, di luar ‘dalam rangka’ tersebut diimbangi dengan keseriusan dan ketekunan untuk terus menulis,” kata Shoim Anwar.

Shoim Anwar yang juga menjadi salah satu pembicara dalam diskusi itu menilai buku antologi puisi “Tasbih Hijau Bumi” adalah karya penutup tahun ini.

Dia juga menilai, karya itu memang tidak menonjolkan revolusi estetik di dalamnya, sebagaimana yang ditulis Mashuri, sastrawan muda yang kebetulan Wakil Ketua Lesbumi Jawa Timur, dalam catatan kuratorialnya.

“Namun secara ideologis karya ini memiliki ruang tersendiri dan itu tidak kalah penting,” tandasnya.

Baginya, terbitnya buku sastra atau antologi puisi “Tasbih Hijau Bumi” itu sangat menggembirakan untuk perkembangan sastra Indonesia.

“NU telah memberikan ruang untuk kreativitas para penyair. Basis kultural yang kuat pada ormas (NU) ini diharapkan mampu menjaga akar tradisi dan kreasi para penyair,” katanya. (ahay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network