Politik

Pengabdian Muchammad Sochib, Dari Pengusaha Menuju Medan Politik

Sabtu, 18 Agustus 2018 10:00 wib

...
Muchammad Sochib, Calon Legislatif DPRD Kabupaten Sidoarjo (santrinews.com/syaiful)

Sidoarjo – Muchammad Sochib akhirnya memilih ranah politik sebagai medan perjuangan dan pengabdian kepada masyarakat. Pada Pemilu 2019 mendatang, ia maju sebagai calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Sidoarjo dari daerah pemilihan 1 yang meliputi Kecamatan Kota, Buduran, Sedati, dan Waru.

Berlatarbelakang sebagai pengusaha sukses tentu secara ekonomi keluarga terbilang lebih dari cukup. Namun, ia merasa belum cukup bila dirinya belum bisa memberikan mamfaat bagi orang banyak. Dan itu diyakini akan bisa terwujud melalui politik.

“Saya ingin mengabdikan diri untuk masyarakat melalui jalur politik,” kata Muchamad Sochib yang maju sebagai calon legislatif melalui Partai NasDem, kepada SantriNews beberapa waktu lalu.

Baca: Gus Ipul Puji Kehebatan NasDem

Menurut Sochib, selama ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sidoarjo sejatinya cukup besar. Namun, masyarakat belum merasakan mamfaatnya. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan APBD sering kurang tepat sasaran. “Ini yang mesti nanti kita kawal demi kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Jumlah APBD yang besar itu, lanjut dia, ternyata juga belum memberikan dampak bagi tersedianya infrastruktur yang memadai. “Kita dorong eksekutif untuk memikirkan infrastruktur agar kedepan semakin memadai,” tandasnya.

Baca Juga: Surya Paloh: Kader NasDem Harus ‘Jualan’ Gagasan

Persoalan lain yang menjadi perhatian Sochib adalah pendidikan. Ia bermimpi kedepan Sidoarjo bisa seperti Surabaya, yakni pendidikan 12 tahun bebas SPP. Ia tak habis pikir mengapa Sidoarjo tidak bisa. Padahal APBD-nya hampir sama. “Pemerintah Sidoarjo harus kita dorong terus mewujudkan bebas SPP pendidikan 12 tahun,” tegasnya.

Sochib tertarik terjun ke medan politik bermula dari kekagumannya pada sosok Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ia menilai, selama menjabat presiden, Jokowi telah menunjukkan kinerja yang bagus dan berprestasi.

Baca Juga: Surya Paloh Ziarah ke Makam Gus Dur

Jokowi dinilai benar-benar total bekerja untuk rakyat. Begitu juga Surya Paloh. “Saya lihat Pak Surya Paloh berpolitik tanpa memikirkan kekuasaan. Indonesia ini butuh sosok seperti Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh,” tegasnya. (*)